Friday, September 12, 2014

Taman Pelangi


Taman Pelangi Surabaya terletak di Jl. A. Yani, merupakan ruang terbuka hijau merangkap ruang publik yang ada di Surabaya.

Menemukan Taman Pelangi cukup mudah karena hampir semua angkutan umum dalam kota melewati taman ini. Untuk mengenalinya, perhatikan saja tiang putih berjajar yang ditata serupa gelombang yang cukup menarik perhatian bagi yang melewatinya. Taman ini berseberangan dengan kantor Bulog (DOLOG)

Taman Pelangi Surabaya sebagai ruang terbuka publik sudah memenuhi 3 syarat penting, yaitu memiliki makna, dapat mengakomodir pengunjungnya dalam melakukan kegiatan, dan dapat menerima berbagai kegiatan masyarakat tanpa ada diskriminasi.

Adanya berbagai fasilitas diatas mampu mengakomodir pengunjungnya untuk melakukan berbagai kegiatan. Siapa saja boleh datang dan memanfaatkannya kecuali untuk berdagang karena tidak boleh berdagang di tengah taman.


Taman kota yang terletak di ring road jalan ahmad yani Surabaya ini masih terbilang baru dibandingkan taman-taman lain yang dibangun oleh pemerintah Surabaya seperti taman apsari, taman prestasi, taman bungkul dan taman lansia. Berbekas lahan SPBU yang tidak produktif lagi pemerintah kota Surabaya dapat menyulapnya menjadi sebuah taman yang memang tidak seberapa luas namun memiliki nilai fungsional sebagai taman kota dan bernilai estetika yang tinggi.

Anggaran pembangunan taman tersebut sudah disiapkan sebesar Rp 923 juta. Dana ini bantuan dari Pertamina Surabaya. Penggarapan taman ini dilakukan oleh CV Sinar Jaya Utama yang memenangkan tender. Konsep yang diusung adalah menampilkan ikon Surabaya. Karena dengan adanya taman tersebut Orang dari luar kota yang masuk ke Surabaya langsung dapat melihat taman pelangi.

Ikon dari taman pelangi atau taman dolog yakni memiliki kenampakan desain monumen pilar-pilar (static mass) yang memanjang dan berpola miring berlengkung menyerupai ruas daun dengan dibawahnya terdapat kolam, itulah corak utama dari taman pelangi tersebut. Ketika malam hari akan terlihat jelas sekali mengapa taman tersebut disebut sebagai taman pelangi.

Pada pilar-pilar yang memanjang tersebut ketika dimalam hari akan memantulkan cahaya lampu dari bawahnya sehingga seolah kita bisa melihat pelangi dari cahaya yang dipantulkan oleh pilar tersebut. Selain itu pada pilar-pilar tersebut terdapat pancuran-pancuran air yang jatuh ke bawah sehingga akan semakin menambah nilai keindahannya. Kesejukan suasana di taman ini kian segar oleh keberadaan air mancur tersebut. Kesegaran itu tentu bisa memecah kepekatan polusi udara dari kendaran bermotor yang cukup padat melewati bilangan ini.

Sumber :
http://awardeean.wordpress.com
http://yockisure.wordpress.com

No comments:

Post a Comment

Related Posts