Saturday, October 25, 2014

Charlie Chaplin Berkunjung ke Indonesia


Charles Spencer Chaplin demikian nama aslinya. Ia lahir di London, Inggris, 16 April 1889. Ayahnya adalah seorang vokalis sekaligus aktor. Ibunya Lily Harley, adalah seorang aktris dan penyanyi.

Pada usia 10 Charlie ditinggal mati sang bapak sebab sakit yang diderita. Charlie pun dititpkan kepada saudata ibunya, Sydney.

Debut profesional dimulai Charlie di Inggris pada usia 12-an tahun.  Pada tahun 1910 karir di Inggris mengantarnya ke Amerika. ia bergabung dengan perusahaan teater Fred Karno.

Tiga tahun berikutnya ia masuk ke dunia layar lebar.

Chaplin pernah menginjakkan kaki di Indonesia. Pada 30 Maret hingga 1 April 1932 Charlie melakukan perjalanan ke Indonesia yang kala itu masih dijajah Belanda. Charlie melakukan perjalanan darat dari Jakarta (kala itu bernama Batavia) menuju Soerabaja (Surabaya) dengan perjalanan darat.

Perjalanan yang jauh itu ditempuh dengan jalan mampir ke beberapa kota untuk rehat, Bandung, Garut, Yogya lalu ke Surabaya.

Di Bandung, Charlie dan rombongan menginap di Hotel Preanger.

Ada kisah unik di sini yang mengilhami ide komedi si Charlie. Nyamuk, dan renagga lain kerap berdengung di sekeliling kelambu. Dengan suara yang aneh memebentuk serenade yang di telinga Charlie sangat indah.

Ada lagi kisah unik. Saat menginap di hotel inilah untuk pertama kali Charlie mengenal guling. Di Amerika dan Inggris hanya dikenal bantal. Guling disebut sebagai Dutch wife.

“Saat pertama kali dijelaskan fungsinya akau tertawa,” kata Charlie tapi selanjutnya ia sangat menikmati.

Di Surabaya, Charlie menguinap di hotel Oranje (kini bernama Hotel Mandarin Oriental).

Dari Surabaya, Charlie menuju Bali menumpang kapal.


Sumber :
http://batampos.co.id

No comments:

Post a Comment

Related Posts