Friday, November 13, 2015

Jembatan Sarang Lebah

Dosen Surabaya Luncurkan Desain Jembatan Sarang Lebah Bebas Macet

Dekan Fakultas Teknik  Universitas Muhammadiyah Surabaya (UMS) Gunawan berhasil membuat desain jembatan transportasi berkonsep sarang lebah atau trio heksagonal (segi enam). Desain itu diajukan sebagai solusi kemacetan Kota Surabaya, Jawa Timur.

Apabila dibangun di sepanjang jalur sungai, dia menjelaskan, maka konsep heksagonal itu memiliki kelebihan berupa nihilnya biaya pembebasan lahan dan dapat memperdalam dasar sungai. Dengan demikian fungsi sungai menjadi tergandakan sebagai jalur transportasi air.

"Konsep transportasi heksagonal ini bisa untuk transportasi massal seperti jalur kereta api, kendaraan roda 4, maupun kendaraan roda 2 yang berada di atas tanah. Konsep ini akan membentuk pola 3 segi enam, yang memiliki 2 sayap atau jalur untuk transportasi kereta api," kata Gunawan di Surabaya, Jumat (6/11/2015).

Gunawan memaparkan di bawah sayap segi enam pada desain terdapat 2 segi tiga sebagai rangkaian trio heksagonal yang berfungsi sebagai balok induk. Rangkaian ini juga bisa difungsikan sebagai lintasan utilitas kota atau perpipaan dan perkabelan dari PDAM maupun PLN.


Desain jembatan sarang lebah (Liputan6.com/ Dian Kurniawan)
Konfigurasi trio heksagonal atas segi enam memiliki kelebihan pada sistem konstruksi yang lebih kuat, masif, stabil serta sebagai konsep yang terbarukan. Nantinya segi enam tersebut akan dicetak terlebih dahulu, kemudian dirangkai pada jalur yang diinginkan.

"Sehingga diharapkan konfigurasi ini bisa merangkai ruang yang lebih banyak lagi, meskipun jika diimplementasikan biaya yang dianggarkan akan lebih mahal," imbuh Gunawan.

Gunawan mematenkan konfigurasi cerobong ventilasi dan bentuk konfigurasi tiang jembatan itu sebulan lalu. Temuannya itu didedikasikan sebagai bentuk keseriusannya untuk membantu pemerintah mengatasi permasalahan kemacetan  di Surabaya.

"Semoga ini dapat menjadi kado bagi kota pahlawan Surabaya, menjelang peringatan hari pahlawan pada bulan November ini," kata dia.


Desain jembatan sarang lebah (Liputan6.com/ Dian Kurniawan)
Gunawan mengaku terinspirasi  dari sarang lebah yang terlihat begitu indah dan kokoh. Inspirasi itu diimplementasikannya dengan konsep Jembatan An-Nahl ini.

"Ide ini muncul pada tahun 2004, namun seiring dengan perkembangannya, desain trio heksagonal mengalami penyempurnaan dan menjadi konsep jembatan sistem transportasi satu-satunya yang ada di dunia dengan menggunakan desain segi enam yang estetik," ujar dia.

Dia menyatakan masih terus mengembangkan rancangannya sebagai bentuk penyempurnaan desain Trio Heksagonal dan berharap ada pihak yang merespons desain yang dikerjakannya ini.

"Konsep trio heksagonal ini masih taraf desain, belum implementasi. Jika ada pihak yang menginginkan desain trio heksagonal untuk disempurnakan, maka saya akan menerimanya dengan tangan terbuka," ucap dia.  (Mvi/Hmb)


Sumber :
http://regional.liputan6.com/read/2359067/dosen-surabaya-luncurkan-desain-jembatan-sarang-lebah-bebas-macet

No comments:

Post a Comment

Related Posts