Tuesday, December 1, 2015

Bus Rapid Transit

Bus rapid transit (BRT, BRTS, busway) is a bus-based mass transit system. A true BRT system generally has specialized design, services and infrastructure to improve system quality and remove the typical causes of delay. Sometimes described as a "surface subway", BRT aims to combine the capacity and speed of light rail or metro with the flexibility, lower cost and simplicity of a bus system


Bus Rapid Transit atau disingkat BRT adalah sebuah sistem bus yang cepat, nyaman, aman dan tepat waktu dari infrastruktur, kendaraan dan jadwal. Menggunakan bus untuk melayani servis yang kualitasnya lebih baik dibandingkan servis bus yang lain. Setiap sistem BRT pasti menggunakan sistem improvantasi yang berbeda, walaupun improventasinya berbagi dengan sistem BRT yang lain.

Hasil dart sistem tadi untuk mendekati rail transit jika masih menikmati keamanan dan tarif bus. Negara yang memakai BRT ada di Amerika Utara, di Eropa dan Australia dinamai busway dan nama tersebut juga dipakai di Indonesia, sedangkan negara lain memanggilnya quality bus atau servis bus mudah saat mencapai kualitas tinggi.

Bus rapid transit memakai sebagian nama dari rapid transit yang mendeskripsikan transportasi rel berkapasitas tinggi atau kita bisa memanggilnya right-of-way. Kereta rapid transit memakai terowongan bawah tanah, dan tipikal kereta berbadan panjang dalam jalur pendek dalam beberapa menit.

Bus Rapid Transit (BRT) adalah istilah yang digunakan untuk berbagai sistem transportasi umum yang menggunakan bus untuk menyediakan layanan yang lebih cepat dan lebih efisien daripada jalur bus biasa. BRT merupakan sebuah sistem transportasi pada jalur khusus yang diperuntukan bagi bus, sehingga dapat diperoleh efisiensi yang tinggi.

Bus ini memiliki pelayanan yang kualitasnya lebih baik dibandingkan pelayanan bus yang lain. Setiap sistem BRT pasti menggunakan sistem pengembangan yang berbeda, walaupun pengembangannya terkait dengan sistem BRT yang lain. Hasil dari pengembangan sistem tersebut mendekati sistem rail transit yang mana mempertahankan keamanan dan tarif bus.

Negara yang memakai BRT ada di Amerika Utara, di Eropa dan Australia dinamai busway dan nama tersebut juga dipakai di Indonesia, sedangkan di negara lain disebut quality bus atau servis bus.
Bus Rapid Transit memakai sebagian nama dari rapid transit yang mendeskripsikan transportasi rel berkapasitas tinggi atau bisa disebut right-of-way.

Kereta rapid transit memakai terowongan bawah tanah, model kereta  ini berbadan panjang dalam jalur pendek dan relatif cepat. Kecepatan dari bus rapid transit tidak mengikutsertakan kecepatan dari bus-bus BRT. Kecepatan transit dari sistem BRT rata-rata dari 19-48 km/jam dimana mengkomparasikan dengan permukaan jalan.

Pemprov Akan Kembangkan BRT Surabaya - Gresik

Pemprov Jatim akan menambah jumlah angkutan massal moda transportasi darat Bus Rapid Transit (BRT) dari Surabaya menuju sejumlah daerah lain di sekitarnya.

Kepala Bidang Angkutan Jalan Dinas Perhubungan dan Lalu Lintas Angkutan Jalan (LLAJ) Pemprov Jatim Sumarsono mengatakan, berdasarkan rencana pengembangan angkutan aglomerasi (BRT) di Jatim, setelah 21 September 2015 lalu diluncurkan BRT dari Terminal Purabaya - Porong, ke depan akan dikembangkan angkutan serupa. Yakni, dari Surabaya - Gresik, Bangkalan - Surabaya, dan dari Legundi - Gresik.

"Selain itu, di dalam wilayah Surabaya sendiri nanti juga akan dikembangkan angkutan massal untuk Surabaya Metropolitan Area," ujarnya, Selasa (1/12/2015).

Menurut Sumarsono, berbagai terobosan itu dilakukan, agar masyarakat punya lebih banyak pilihan, terkait layanan moda transportasi massal yang akan digunakan.

"Tentunya dengan kualitas layanan yang jauh lebih baik dan cepat," jelasnya.
Jika animo masyarakat besar, keberadaan BRT diharapkan bisa mengurangi beban jalan yang selalu macet, akibat banyaknya masyarakat yang lebih memilih memakai kendaraan pribadi.
Untuk itu, pihaknya, kata Sumarsono berharap Pemerintah Pusat program pengembangan angkutan aglomerasi ini.

"Hal terpenting, tentu dukungan dari pemerintah kabupaten/kota juga sangat kita harapkan," tandas Sumarsono.

Direktur Bina Sistem Transportasi Perkotaan Kementerian Perhubungan Yuyun Wahjuningrum mengaku mendukung program pengembangan BRT dari Surabaya ke sejumlah wilayah lainnya.
Pihaknya, minta Pemprov Jatim melalui Dinas Perhubungan dan LLAJ segera menyampaikan usulan tersebut kepada pemerintah pusat.

"Setelah itu, usulan pasti akan dipelajari dan dikaji. Tapi prinsipnya kita pasti mendukung peningkatan layanan dan memperbanyak angkutan berbasis massal," tegas Yuyun.


Sumber :
https://en.wikipedia.org/wiki/Bus_rapid_transit
https://id.wikipedia.org/wiki/Bus_Rapid_Transit
http://anasaff.blogspot.co.id/2012/10/bus-rapid-transit-brt-busway.html#sthash.ZbHx7zXU.dpuf
http://surabaya.tribunnews.com/2015/12/01/pemprov-akan-kembangkan-brt-surabaya-gresik
http://www2.jawapos.com/baca/artikel/16138/idealnya-brt-sidoarjo-nyambung-surabayagresik

No comments:

Post a Comment

Related Posts