Saturday, November 16, 2013

Gerak Jalan Perjuangan Mojokerto-Surabaya 2013


Rasa patriotisme dan mengenang para pahlawan yang telah berjasa dalam membela tanah air Indonesia dapat diwujudkan dengan berbagai cara dan upaya. Dispora Prov. Jatim kembali menggelar pelaksanaan ‘Gerak Jalan Perjuangan Mojokerto-Surabaya sebagai upaya memperingati Hari Pahlawan 10 Nopember Tahun 2013. 

Sejarah pelaksanan gerak jalan ini diawali pada tahun 1955 hingga 1958, dengan rute dari Pandaan–Surabaya yang diselenggarakan oleh Pemerintah Provinsi Jawa Timur untuk memperingati pertahanan sektor selatan sungai Brantas yang dikenal dengan Batalyon Cipto dan Abdullah. Kemudian, pada tahun 1959 hingga 1964, rute dialihkan ke Mojokerto–Surabaya untuk memperingati pertahanan sektor barat yang dikenal dengan batalyon laskar Hisbullah, Tentara Pelajar, Polisi Istimewa, Batalyon Mansjur, Sholikin dan Munasir, Djarot Subiantoro yang dikenang dengan monumen Mayangkara di Wonokromo. 

Namun, perjalanan program satu ini tak selamanya berjalan mulus, pada tahun 1965 hingga 1967 gerak jalan Mojokerto – Surabaya ditiadakan karena pada saat itu situasi dan kondisi sedang terjadi G/30S/PKI. Lalu pada tahun 1968 hingga 1996 kegiatan ini dimunculkan kembali dan diselenggarakan oleh KONI Jawa Timur (1968 hingga 1973) dan kemudian dikelola oleh Dinas P&K Propinsi Jawa TImur pada tahun 1974 hingga 1997. 

Ternyata, pada tahun 1998 hingga 2005, gerak jalan Mojokerto–Surabaya ditiadakan lagi karena kondisi saat itu sedang terjadi reformasi dan didukung situasi politik dan ekonomi yang sedang berada dalam keadaan yang labil. 

Hingga pada akhirnya, pada tahun 2006 hingga sekarang gerak jalan Mojokerto-Surabaya kembali dilaksanakan. Namun untuk pelaksanaannya, kali ini dikelola oleh Dinas Pemuda dan Olahraga Propinsi Jawa Timur yang dikenal dengan “Gerak Jalan Perjuangan Mojokerto–Surabaya”. 

Gerak Jalan Perjuangan Mojokerto - Surabaya 2013, dijadwalkan akan berangkat dari Alun-alun Kota Mojokerto Sabtu (16/11/2013) pukul 15.00 WIB dan finish di Tugu Pahlawan Surabaya. Rombongan akan melewati Jl Trosobo, Kletek, Karang Pilang, Gunungsari, Joyoboyo, Diponegoro, Pasar Kembang finish di Tugu Pahlawan Surabaya.

Jalur yang akan dilalui mulai start : Alun-alun Mojokerto – Jl. Majapahit-Jl. Bhayangkara – Jl. Gajahmada – Jl. Ajinomoto – Depan Pabrik Ciwi – Krian (Pos I : Pasar Krian). Pasar Krian – Jl. Raya Trosobo – Jl. Raya Kletek – Sepanjang (Pos II). Sepanjang – Karang Pilang – Jl. Gunung Sari (Yani Golf) – Terminal Joyoboyo – Kebun Binantang Surabaya – Jl. Diponegoro – Jl. Pasar Kembang – Jl. Kedung Doro – Jl. Blauran – Jl. Bubutan – Jl. Pahlawan – Jl. Kebun Rojo, Finish Tugu Pahlawan Surabaya.

Sumber :
http://dispora.jatimprov.go.id
http://kelanakota.suarasurabaya.net
http://ceritasurabaya.blogspot.com

No comments:

Post a Comment

Related Posts