Monday, January 30, 2023

Kabupaten Surabaya

KABUPATEN SURABAYA Lokasinya di Mana Sekarang? Ternyata Saat Ini Sudah Jadi...

- Minggu, 15 Januari 2023 | 16:16 WIB

Dahulu ada sebuah daerah bernama Kabupaten Surabaya. Tentu ini membuat bingung beberapa kalangan karena pada masa sekarang hanya dikenal nama Kota Surabaya.

Kota Surabaya merupakan ibu kota Provinsi Jawa Timur. Tak heran jika Kota Surabaya menjadi salah satu kota yang penting dan berkembang pesat di Pulau Jawa. Pergerakan perekonomian di Kota Surabaya seolah tak pernah berhenti.

Namun bagaimana dengan Kabupaten Surabaya? Apakah sama dengan Kota Surabaya? Di manakah lokasi Kabupaten Surabaya ini?

Apakah ada hubungannya dengan Kota Surabaya yang ada sekarang?

Biar menjawab rasa penasaran sekaligus belajar sejarah, mari kupas tuntas tentang daerah bernama Kabupaten Surabaya. Dilansir JatimNetwork.com dari berbagai sumber, berikut uraian singkat tentang Kabupaten Surabaya.

Dalam catatan sejarah, Kabupaten Surabaya merupakan daerah yang berada di timur Kota Surabaya sekarang. Kemudian melalui PP Nomor 38 Tahun 1974, Kabupaten Surabaya berganti nama menjadi Kabupaten Gresik.

Setelah berlakunya PP tersebut, kegiatan pemerintahan Kabupaten Surabaya dipindahkan ke Gresik dan berubah nama menjadi Kabupaten Daerah Tingkat II Gresik. Pusat pemerintahan Kabupaten Gresik adalah Kota Gresik.

Kabupaten Gresik kini termasuk dalam salah satu wilayah pengembangan Gerbang Kertasusila (Gresik, Bangkalan, Surabaya, Sidoarjo, dan Lamongan). Hal ini membuat Kabupaten Gresik semakin terkenal dengan kemunculan berbagai industri modern di dalamnya.


Sumber :

https://www.jatimnetwork.com/jatim/pr-436614887/kabupaten-surabaya-lokasinya-di-mana-sekarang-ternyata-saat-ini-sudah-jadi

No comments:

Post a Comment

Related Posts